“Dari Laut Tanpa Narkoba” PKM FIS UNM Melakukan Pengabdian Kepada Pelaut di Desa Tarasu.

PKM FIS UNM 2020 mengadakan pengabdian kepada Pelaut di Desa Tarasu Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. Pengabdian ini diadakan selama sebulan bersama para peluat di Pelabuhan Tuju-tuju, Kajuara. Adapun Tim PKM dipimpin oleh Dr. H. Amiruddin, M. Pd, bersama para anggota diantaranya Dimas Ario Sumilih. S. Pd., M. A, dan Rifal, S. Pd., M. Hum dengan mengusung tema “Sosialisasi Bahaya Narkoba bagi Pelaut Melalui Kegiatan dari Laut Tanpa Narkoba di Desa Tarasu”.

Dasar pengabdian ini bermuara dari “tingginya tingkat kerawanan terhadap bahaya narkoba yang dialami oleh masyarakat Kajuara, menjadi alasan yang paling mendasar hadirnya tawaran proposal ini. Dengan adanya jalur penyelundupan narkoba di daerah pelabuhan, maka fokus yang akan menjadi sasaran pengabdi adalah pelaut. Memang kasus pelaut yang mengedarkan dan memakai narkoba masih sangat terkecil, tetapi adanya kasus penyelundupan dan Kajuara dijadikan sebagai wilayah yang rawan narkoba menjadi kekhwatiran tersediri yang mengantarkan pengabdi terlibat sebagai bagian kecil untuk mencegah pengedaran dan pemakaian narkoba di Desa Tarasu Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone” ungkap, Rifal, S. Pd., M. Hum, salah satu tim pengabdian.

Lebih lanjut Rifal, S. Pd., M. Hum mengungkapkan hasil kegiatan yang diperoleh melalui Sosialisasi Bahaya Narkoba bagi Pelaut Melalui Kegiatan “Dari Laut tanpa Narkoba” yang dilakukan di Desa Tarasu dapar disimpulkan dari hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa sosialisasi bahaya narkoba sangat penting dilakukan kepada Pelaut. Sosialisasi ini diikuti oleh Peluat yang bekerja di Juragan Darat, Juragan Laut, Sawi (Buruh), Jurumudi (Navigator), Fakolong (Jurumasak). Dari sosialisasi yang diikuti oleh peluat, mereka telah memahami bahaya narkoba bagi masa depan mereka.

Pengabdian ditutup dengan foto bersama dengan para peserta yang terlibat pengabdian. Mereka cukup antusias dalam kegiatan ini, bahkan berharap pengabdian sejenis dilanjutkan di wilayah mereka.

 

Avatar
About Rifal Najering 25 Articles
Penyuka Sejarah, Penikmat Laut dan Kadang-kadang Menjadi Pelatih Sport Jantung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*