Dosen FIS UNM Bekerjasama dengan AGSI Melakukan Pengabdian Masyarakat di Sulbar

Pengabdian Masyarakat di Aula SMA 3 Polewali Sulawesi Barat
Pengabdian Masyarakat di Aula SMA 3 Polewali Sulawesi Barat

BERITA PADEWAKANG-Dalam rangka meningkatkan kwalitas pembelajaran di sekolah, Dosen pendidikan Sejarah FIS UNM melakukan pelatihan kepada guru-guru sejarah yang ada di Sulawesi Barat. Pelatihan ini bekerjasama dengan Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Sulawesi Barat. Aspek yang menjadi penekanan pada pelatihan ini adalah penguasaan kompetensi Dasar pada materi sejarah untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pelatihan yang diadakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 13-14 September 2019 ini dibagi menjadi lima sesi. Untuk sesi pertama, membahas penguasaan Kompetensi Dasar tentang dampak politik, budaya, sosial dan pendidikan pada masa penjajahan Eropa dengan narasumber Dr. Najamuddin, M. Hum dan Bustan, S.Pd., M.Pd . Sesi kedua, membahas  penguasaan Kompetensi Dasar keterkaitan antara konsep berpikir diakronik dan sinkronik dengan narasumber Prof. Dr. Jumadi, M.Si, Nurlela, S.Pd., M.Si., Amirullah, S.Pd., M.Pd. Sesi ketiga, penguasaan Kompetensi Dasar peningkatan pemahaman peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dengan narasumber Drs. H.M Saleh Madjid, M.Pd., Dr. Ahmadin., Amirullah, S.Pd., M.Pd. Sesi keempat, penguasaan Kompetensi Dasar nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya dengan narasumber Dr. M. Rasyid Ridha, M.Hum dan Bustan S.Pd., M.Pd. Sesi kelima, penguasaan Kompetensi Dasar tokoh nasional dan daerah dengan narasumber Dr. Bahri, S.Pd., M.Pd., Drs. La Malihu, M.Hum dan Asmunandar S.S., MA.

Guru-guru yang ikut pada pelatihan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini sangat senang karena mendapatkan pencerahan dan refleksi pembelajaran sejarah diera kekinian atau yang sekarang disebut dengan pembelajaran diera revolusi 4.0.  selain itu, mereka dapat menjalin silatuhrami dengan dosen-dosen pendidikan sejarah yang notebene adalah dosen mereka ketika menempuh perkuliahan di universitas Negeri Makassar.

Avatar
About Rifal Najering 21 Articles
Penyuka Sejarah, Penikmat Laut dan Kadang-kadang Menjadi Pelatih Sport Jantung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*